February 6, 2013

Sebagian pengguna blog, mungkin diantara kita ada yang ingin mengatur tinggi garis pada posting blog, kerena yang kita ketahui tinggi garis yang terlalu jauh membuat halaman posting memanjang kebawah, sehingga kurang menarik di pandang mata. Terlebih jika ukuran huruf tersebut kita perbesar, maka halaman posting akan lebih memanjang lagi sesuai banyaknya kata.

Agar tinggi garis antara baris pertam, kedua dan seterusnya tidak terlalu memanjang kebawah seperti yang anda lihat pada gambar diatas, anda bisa melakukan dengan menerapkan trik yang saya uraikan dibawah. Lalu sebelum anda mengimplementasikan tekhnik tersebut, coba lihat kembali kira-kira berapa ukuran huruf yang anda gunakan saat ini. Untuk ukuran standar bisanya 12 px dan saran saya kembalikan terlebih dulu ke ukuran normal apabila sebelumnya telah dirubah, sehingga pada waktu merubah tinggi garis akan terlihat jelas panjangnya kalimat dalam halaman posting blog.

Dan perlu diketahui, saya melakukan percobaan trik tersebut pada template standar blogger, sehingga jika ada yang menggunakan template standar blogger saya pikir akan lebih mudah memahaminya, namun apabila menggunakan custom template atau template oleh pihak ketiga anda bisa menyesuaikan juga, karena pada Editor Template, kode yang ada dalam template tidaklah jauh berbeda. 

Untuk keperluan dalam hal ini, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini secara berurutan.

1. Pastikan anda sudah login terlebih dulu pada blog yang dikelola.
2. Pada halaman dashbor, klik menu Template.
3. Back-up template anda terlebih dulu, klik Cadangkan / Pulihkan.
4. Kemudian buka editor template, klik Edit HTML > centang atau beri tanda ceklis pada kotak Expand Template Widget.
5. Cari Kode berikut .post-body { , untuk mepermudah pencarian tekan Ctrl+F.
6. Setelah menemukan, perhatikan rangkain kode berikut pada template yang saya gunakan kodenya seperti dibawah ini :

.post-body {
font-size: 110%;
line-height: 1.4;
position: relative;
}

7. Rubah nilai/angka pada bagian yang diberi warna dan bercetak tebal, misalnya : menjadi seperti berikut (line-height: 1;). Kemudian klik pritinjau untuk melihat perubahan pada bagian posting, apabila sudah cocok sesuai selera, simpan template anda.

8. Klik Simpan Template, selesai.

Keterangan :

- Angka ( 1 ) diatas pada langkah ke 7 hanyalah sebagia contoh, anda bisa menyesuaikan, sekali lagi sesuai selera pada tinggi garis yang diinginkan. Misalnya 1.1 atau 1.2.

- Jika menemukan .post-body { lebih dari satu dalam editor template, perhatikan pada bagian yang terdapat line-height: 1.4; } <<< ini adalah patokan utama yang dimaksud. Misalnya seperti rangkaian kode dibawah ini :

.post-body {
line-height: 1.4;
}

- Rangkaian kode diatas hanyalah sebagai contoh, karena setiap template pasti berbeda-beda dan intinya tetap fokus pada kode .post-body 
{ line-height: 1.4;  
}

Selamat mencoba.
Sekian dan Terima Kasih

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Mengatur Tinggi Garis Pada Posting Blog diposting oleh Kraeng Francisco pada February 6, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

16 comments:

  1. Selamat Pagi Sobat Kraeng Fransisco...demonya seperti pada postingan yang berjudul Cara Mengatur Tinggi Garis Pada Posting Blog ini yaa sob,,,hm,,iya yaah kelihatannya lebih Rapi,,,ke depannya saya akan coba terapkan kalau membuat postingan baru lagi pada blog saya sob,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob. lebih mudah agar dipahami mengatur spasi dan atau jarak kalimat dalam posting blog...silahkan apabila ingin diimplementasikan pada blog yang sobat kelola.

      Delete
  2. agar lebih simple yah sob ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob, agar space yang dihasilkan tidak terlalu jauh...

      Delete
  3. Replies
    1. Demikian yang dimaksudkan seperti gambar diatas agar lebih kelihatan rapi.

      Delete
  4. Nyimak ajah ya mas, saya ndak paham beginian sih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...ok sob, tetapi jika dibaca dengan teliti bisa paham kok.

      Delete
  5. Mksudnya disusutin gitu ya sob?
    Tp kayaknya blogku dah digitu'in.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya mengatur spasi, jika pada blog yang sobat kelola adalah custom template mungkin yang membuatnya sudah mengatur terlebih dulu.

      Delete
  6. boleh di coba nih tipsnya.... makasih mas...

    ReplyDelete
  7. wah itu agar tidak memakan ruang space ya sob ...? heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, sobat sebenarnya seperti itu yang saya maksudkan.

      Delete
  8. makasih mas, saya tadi nyoba untuk di postingan berbahasa arab, SUSKSES

    ReplyDelete