March 17, 2013


Sebelumnya telah diterbitkan pada artikel terdahulu bagaimana Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Untuk Akun Google. Maka dalam pembahasan ini sekaligus menanggapi pertanyaan sahabat KF lewat obrolan di Google + (Plus) dan Facebook yang bertanya kira-kira bunyinya seperti ini : kenapa setelah mengaktifkan verifikasi 2 langkah, tetapi ketika ingin masuk ke salah satu akun google tidak menerima kode konfirmasi dari mesin google.

Jawabnya mudah saja, gunakan panggilan suara yang terdapat dibawah kotak pengisian kode verifikasi. Namun sebagian pengguna akun google merasa kwatir bahwa pulsa mereka akan terpotong, yang sebenarnya tidak dipungut biaya sepersenpun. Oleh karena itu, perlu membaca kembali pada artikel terdahulu, dimana pada uraian sudah dijelaskan, untuk mempermudah mendapat kiriman kode verifikasi gunakan SMS, karena disitu terdapat 2 opsi yang bisa kita manfaatkan.

Lalu yang menjadi pertanyaan, kenapa saya tidak bisa menerima kode verifikasi saat masuk akun google?

• Perhatikan diluar rumah atau ditempat lain misalnya di tempat umum, apakah cuaca kurang bersabat seperti : mendung, hujan dan lain sebagainya. Dimana hal ini bisa saja terjadi pada gangguan jaringan telekomunikasi dan yang paling umum kasusnya kita ambil didaerah yang curan hujannya tinggi.

• Yang satu ini menurut pengalaman pribadi, saya tidak tahu menurut pengalaman anda. Saya sering mengalami kasus yang dimaksud dari pertanyaan diatas ketika masuk ke salah satu akun google sisa pulsa Rp. 0, atau sisa minimal dibawah data tarif sms, misalnya kalau sms sesama operator tarifnya Rp. 100, maka apabila sisa pulsa dibawah Rp.100, sms kode verifikasi tidak akan dikirim ke ponsel, sampai sekarang belum tahu pasti apa hubungannya dan kalau belum merasa percaya silahkan dicoba sendiri.

• Ternyata pada point ke 2 benar, setelah saya menanyakan lansung ke sahabat lewat obrolan difacebook mengalami hal serupa.

Jadi solusi untuk mengatasi persoalan tersebut adalah menggunakan panggilan suara untuk verifikasi 2 langkah pada akun google dan tidak perlu merubahnya melalui setelan akun, lansung saja klik link panggilan suara yang terdapat seperti pada penjelasan diatas. Apabila belum sama sekali atau tidak tahu cara menggunakannya silahkan saudara ikuti uraian singkat dibawah ini.

1. Pastikan sudah keluar atau logout dari salah satu akun google anda.
2. Jika saudara pernah centang atau ceklis pada kotak Jangan minta kode di komputer ini lagi (komputer pribadi), tidak menjadi masalah karena komputer telah dipercayai untuk akun yang anda gunakan, maka setiap kali anda login tidak akan diminta kembali kode verifikasi.
3. Namun apabila tidak pernah ceklis pada kotak yang dimaksud, secara otomatis akan terus diminta memasukkan kode verifikasi, jadi silahkan lanjutkan jika kode verifikasi belum terkirim ke Hanphone.
4. Siapkan Handphone.
5. Masuk kembali pada akun google anda, misalnya google plus.
6. Setelah muncul gambar seperti dibawah ini, klik panggil ponsel anda yang berakhiran 000, sebagai contoh.


7. Tunggu beberapa detik proses loading sambungan ke mesin dan dengarkan suara panggilan yang menyebut kode verifikasi anda, kemudian catat kode.
8. Untuk panggilan suara pada proses verifikasi 2 langkah, akan terlihat seperti pada gambar dibawah. Setelah itu masukkan kode verifikasi dan ceklis pada kotak Don’t aks for codes again on this computer atau Jangan minta kode di komputer ini lagi, jika anda menggunakan komputer pribadi, lalu klik tombol Verify.


9. Apabila menggunakan komputer milik orang lain harap jangan dicentang/ceklis pada kotak.
10. Selesai.

Perlu diketahui apabila anda sedang menggunakan internet ditempat umum yang ada jaringan hotspot dan bukan komputer milik pribadi, kemudian tanpa sadar menceklis kotak seperti pada point ke delapan diatas, bersihkan dulu semua data yang tersimpan otomatis pada browser.

Caranya, karena kebetulan saya menggunakan Mozilla, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini, khusus yang belum tahu caranya dan bagi yang sudah tahu cara ini dilewatkan saja, tetapi jangan lupa selalu lakukan hal tersebut, agar akun anda tidak mudah dibobol.

• Klik Tools yang terdapat pada menu tab > Clear Recent History atau tekan Ctrl+Shift+Del pada keyboard.
• Pada jendela window Clear All History > Time Range To Clear pilih Everthing > lalu ceklis semua kotak, misalnya jika ada yang belum di ceklis contoh : Website Offline Data > Klik Clear Now.


• Selesai.

Dengan demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi setiap pengguna akun google yang membutuhkan dan dapat diterapkan sebagaimana mestinya seperti yang telah dijelaskan diatas.

Selamat Mencoba.
Salam...

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Masalah Saat Masuk Akun Google menggunakan verifikasi 2 langkah diposting oleh Kraeng Francisco pada March 17, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

21 comments:

  1. mkasi infonya sobat..
    itu sngat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sobat dan terima kasih kembali....

      Delete
  2. selamat pagi sobat,,,wah kalau Point ke dua saya belum pernah mengalaminya sob...mungkin saja kodenya tidak masuk karena seperti yang sobat katakan yaitu Pulsa HP yang kurang 100 rupiah,untungnya saya bisa isi Pulsa HP sendiri jadi tidak pernah kekurangan Pulsa..hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia itu benar sob, ketika pulsa kartu saya habis maka sering terjadi demikian.

      Delete
  3. pagi-pagi sudah dapat tips keren seputar verifikasi google *Trims.

    ReplyDelete
  4. ternyata orang-orang masih takut kehabisan pulsa ya saat menggunakan panggilan suara ke mbah google :-)

    ReplyDelete
  5. berarti google pakai pulsa kita donk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahelaah...tebang dibawah cepe' doang...ih cantik cantik buntut kusiran ih....;o)

      Delete
  6. trmksih mas bos infonya emang benar banget bos sering agagk susuah di buka heheh. trmksih,ni mas bos infonya sekalian bawahkan gelas kopi yang kemarin hehehe

    ReplyDelete
  7. Maaf Sahabat ini hanya sekedar informasi kayanya Menu Navbar nya rusak yah, yg droup down backround apa disengaja nya ada disamping kiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sahabat, karena kebetulan saya menggunakan monitor ung jadi tidak kelihatan, oh ia sobat menggunakan monitor wide screen ya? maksih ya infonya saya juga baru tahu setelah mendapat informasi yang sobat berikan.

      Salam...

      Delete
  8. berguna nih, soalnya sering juga tiba tiba akun ogelku minta peripikasi. simpen ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, silahkan sob jika mau dibungkus....

      Delete
  9. saya gak pernah buka google+ pake hp..

    paling jaga keamanan akun lewat verifikasi sms.. :D

    ReplyDelete
  10. dulu saya pernah gunakan verifikasi dua langkah, tapi lama2 ribet juga, jadi saya kembaliin ke semula aja dech :)

    ReplyDelete
  11. bagai mana saya nih ,kartu saya sudah berganti ,dan kartu iitu sudah hilang ,jadi saya tidak akan menerima kode verifikasi ,bagai mana untuk mengisi kodenya sedangkan saya tidak memakai nomor itu lagi ...?

    ReplyDelete
  12. saya sudah berganti nomor ,sedangkan yang saya masukkan di verifikasi 2 langkah adalah nomor saya yang dulu ,jadi saya tidak bisa mendapat kiriman kode lagi ,bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur kalau kehilangan no saya sendiri belum pernah mengalaminya, untuk lebih jelas sobat kunjungi url berukut : https://support.google.com/accounts/bin/answer.py?hl=id&answer=185834#phone

      mohon maaf baru sempat balas, karena selama ini sibuk.

      Semoga membantu sob.

      Delete