January 23, 2013


Gambar yang ukurannya besar ketika kita mengupload ke sebuah file hosting atau disimpan untuk dipergunakan sebagai salah satu kebutuhan di internet atau misalnya untuk gambar sampul Google Plus, Facebook dan Twitter, tanpa kita sadari sebenarnya ukuran file yang besar akan mempengaruhi saat memuat halaman apabila dibuka dan atau di akses. Hal ini tentu akan membuat kita menunggu lama, jika koneksi internet yang kita gunakan lambat.

Sudah jelas bahwasannya jika koneksi internet kita lambat, biasanya akan membuat kita melakukan aktifitas atau pekerjaan secara online menjadi tidak nyaman. Maka dibutuhkan kesadaran kita untuk belajar memahami sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas keseharian. Oleh karena itu sesuai judul artikel yang diterbitkan ini, mungkin diantara saudara ada yang bertanya, apa situs online yang menurut Kraeng Francisco bagus untuk mengkompres sebuah file gambar? ok nanti akan saya jawab.

Sebelum saya menjawab, pada pembahasan ini sebenarnya melakukan kompres file gambar tersebut bukan hanya digunakan untuk keperluan online, tetapi dapat pula dipergunakan secara offiline. Misalnya anda memiliki Handphone serta didukung fasilitas seperti memori card, karena kapasitas memori card yang anda miliki berukuran kecil, sementara banyak file gambar penting dengan ukuran besar sudah tidak terpenuhi saat mahu disimpan pada memori card tersebut, maka anda bisa memanfaatkan tools secara online setelah ini.

Ada beberapa tools online untuk mengkompres file gambar yang bisa kita gunakan secara gratis dan untuk menanggapi pertanyaan diatas, sekaligus yang pernah ditanyakan pada judul artikel sebelumnya, sebenarnya semua situs yang menyediakan jasa layanan online, saya katakan bagus, kenapa bagus? karena diberikan secara gratis tanpa pungut biaya, kalaupun ada yang ingin menggunakan jasa layanan berbayar mungkin bisa cari sendiri hehe…pasti anda memahaminya, karena saya sedang ingin bercanda.

Selanjutnya situs apa saja yang dapat kita gunakan secara online untuk keperluan dalam hal ini? untuk menjawabnya disini telah saya sediakan beberapa diantaranya, dan silahkan pilih salah satu dibawah ini, kemudian sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya pelajari dulu pada judul artikel Mengoptimalkan Gambar Untuk Web Menggunakan Adobe Photoshop.

Ini dia alamatnya : silahkan di klik.
 

Dari 8 tools atau alat diatas anda tinggal memilih mana yang cocok menurut anda, karena selama beberapa tahun lamanya saya sendiri sudah sering menggunakan Tools Online Gratis untuk Optimasi Gambar yang menurut saya bagus, karena selain mempermudahkan kita untuk mengkompres image/ gambar dan atau foto secara online, sudah terdapat berbagai pilihan untuk mengukur tinggi dan lebar.

Kemudian ada diantara tools atau alat diatas anda dapat menentukan format gambar misalnya, JPEG, PNG, GIF dan setelah dioptimasi, disitu terdapat kualitas gambar yang bisa kita pilih dari salah satu hasil compress. Cara menggunakannya sangat mudah, untuk itu mungkin apabila ada yang masih bingung silahkan bertanya melalui kotak komentar dibawah halaman posting ini.

Selamat mencoba. Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel 8 Tools Online Gratis untuk Optimasi Gambar diposting oleh Kraeng Francisco pada January 23, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

11 comments:

  1. terimakasih mas sudah di share. saya biasanya pakai yang no 3. tapi beberapa hari ini gak optimal. saya coba compress gambar ukuran 23kb malah jadi 35kb. bukannya kecil malah besar.

    mungkin di salah satu daftar diatas ada yang lebih optimal. saya coba satu-satu dulu mas.

    terimakasih ya mas sudah mau ngeshare...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ia sob, kenapa bisa seperti itu sob...apa sebelumnya sudah ditentukan ukuran aslinya seperti dibawah ini ?

      Quality:
      Max width:1200
      Max height:900

      kalau saya biasanya untuk ukuran standar Max width:200
      Max height:150.

      Sekian dapat membantu.




      Delete
  2. Keren :)
    Visit blog ane ya faktaoftheworld.blogspot.com,folback :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ia terima kasih sobat.....sudah saya folback blog sobat....

      Delete
  3. mlm mas. wah postingannya membantu banget mas trmksih'y dah berbagi mas

    ReplyDelete
  4. Boleh nyoba nih satu persatu untuk melihat perbedaannya. Makasih infonya Teman

    ReplyDelete
  5. Pagi sobat Kraeng Fransisco....sepertinya bisa nich saya coba satu persatu,,,saat ini saya hanya menggunakan photoshop kalau mau optimasi gambar dengan menyimpan ganbar dengan ekstensi.png

    ReplyDelete
  6. bermanfaat banget toolsnya gan nice post

    ReplyDelete