January 22, 2013


Pada kesempatan ini saya akan sedikit membagikan pengalaman kepada saudara, dimana kasus ini saya ambil dari salah satu hasil uji coba yang telah saya lakukan selama kurang lebih 2 minggu. Sebelumnya juga saya telah terbitkan artikel yang mungkin perlu anda baca Pengaruh Berat Loading Blog Terhadap Jumlah Aktifitas Pengunjung . Namun apabila telah membacanya silahkan melanjutkan kebawah.

Kenapa perlu melakukan segala pertimbangan tersebut? dari pertanyaan inilah mungkin sering muncul kenapa blog kita dengan jumlah artikel sudah hampir ribuah bahkan melebihinya, tetapi pengunjung rata-rata perhari masih begitu sedikit. Dan mungkin anda sering berkunjung ke beberapa blog lain, ketika memuat halaman konten sangat begitu lama dari blog yang bersangkutan dan inilah yang merupakan faktor utama kenapa visitor sangat sedikit. Maka perlu juga anda melakukan optimasi terhadap blog yang dikelola apabila terlalu memakan waktu memuat halaman konten, karena belum ada kata terlambat.

Kasus yang telah saya uji coba dengan mengukur loading halaman blog menggunakan beberapa situs diantaranya baca pada artikel Cara Mengukur Berat dan Loading Blog. Disitu sudah saya jelaskan, blog dikatakan normal beratnya dibawah 100 kB. Jika melebihi 100 kB, maka blog anda perlu dilakukan untuk mengurangi penggunaan animasi atau widget yang berlebihan. Mungkin anda perlu baca artikel Mengoptimalkan Gambar Untuk Web Menggunakan Adobe Photoshop, hal inipun masih ada kaitannya dengan memuat konten halaman blog.

Sekarang kita ambil contoh kasus, disini saya mencoba dengan koneksi internet modem 16 KBps. Lalu saya uji tes kecepatan koneksi internet dan mengukur berat halaman pada website Link Vendor , karena situs ini menurut saya sudah cukup lengkap untuk menghitung durasi kecepatan website atau blog. lihat sreenshot dibawah ini.


Keterangan :

• Size with HTML (Ukuran dengan HTML).
Artinya ukuran berat HTML pada blog saya = 101.99 kb. Mungkin perlu dilakukan pengurangan pada beberapa bagian template blog.
• Kecepatan perkiraan beban waktu.
Artinya pada modem kecepatan akses data rata-rata minimal = 2.13S, (detik).

Kemudian coba kita lihat pada gambar diatas sesuai kecepatan dari semua jenis internet, jika kita menggunakan koneksi internet DSL, TI dan T3, tidak menjadi masalah saat mengakses melalui jalur internet, namun apabila menggunakan Modem dan UTMS, kecepatan akses data yang di proleh sangat kecil. Untuk keterangan tentang apa itu MODEM, UMTS, DSL, T1 dan T3 sebagai referensi anda bisa membaca pada artikel berikut : Pengertian Dial Up Connection, Modem, Isdn, Dsl, Adsl, Isp dan atau untuk lebih jelasnya silahkan baca melalui Wikipedia, klik disini.

Selanjutnya kita lakukan perbandingan kecepatan internet dengan menghitung data yang telah diproleh dari gambar diatas. Sebelum itu terlebih dahulu anda harus mengetahu istilah Bit dan Byte, karena pada dasarnya sering kali kita salah mengartikan.

Arti dari Bit dan Byte merupakan satuan kecepatan internet, misalnya menggunakan satuan Kbps dan KBps maupun Mbps. Tetapi dalam setiap pengucapan tetap sama.

Contohnya adalah sebagai berikut :

• KBps ( KiloByte per second )
• Kbps ( Kilobits per second )
Keterangan : 1 byte = 8 bit.

Mungkin anda sering melihatnya seperti ini : KB/s = KBps, Kb/s = Bbps. Dapat diperjelaskan sebagai berikut :

• Byte (B) merupakan sekumpulan bit (b), 1 Byte (B) terdiri dari 8 bit (b).
• Untuk membaginya tinggal dibagi speed kecepatan internet yang kita proleh dengan 8 Bit. Dan berikut listnya :

64 Kbps : 64/8    = 8 KBps
128 Kbps : 128/8 = 16 KBps
256 Kbps : 256/8 = 32 KBps
384 Kbps : 384/8 = 48 KBps
512 Kbps : 512/8 = 64 KBps
1 Mbps : 1024/8 = 128 KBps

Sehingga dari list diatas kalau ada yang bertanya kenapa kecepatan internet yang dijanjikan oleh provider misalkan 1 Mbps, tetapi ketika melakukan koneksi ke internet baik menggunakan handphone dan atau modem rata-rata angka yang didapat cuma 128 KBps, sudah jelas pada list diatas menunjukkan 1 Mbps : 1024/8 = 128 KBps. Ok namun ini hanya sekedar untuk anda ketahui agar tidak salah diartikan. Jika masih bingung lihat contoh :

Penerapan rumusnya adalah sebagai berikut :

Dengan rumus 1 Byte = 8 Bit, maka cara menghitungnya :
1 Mbps = 1 Mega bit per second
1 Mbps = 1024 Kb
1024 Kb / 8 = 128 KB

Bagaimana dengan penjelasan diatas, apabila anda sudah memahaminya kita lanjutkan, namun jika masih bingung berarti anda mengerti.

Kemudian rumus untuk menghitung kecepatan internet :

Kecepatan = jumlah file data : Waktu (second)
Jumlah file data = kecepatan X waktu.

Kecepatan internet saya sekarang adalah 128 Kbps.

Contoh soal : berapa jumlah file data yang dapat diakses dengan kecepatan internet saya 128 Kbps dalam waktu 8 detik?

Jawab : Jumlah file data = kecepatan X waktu adalah 128 X 8 = 1024 Byte, (1024 Byte setara dengan 1 Kb. 1 Kb = 1024 Byte. Ini hanyalah sebagai contoh.

Penjelasan lebih detailnya seperti ini, kita ambil dari list diatas dengan kecepatan internet saya (128Kbps), 128 Kbps : 128/8 = 16 KBps. Maka untuk menentukan file dari hasil gambar diatas tinggal kita bagikan lagi kecepatan 16KBps / 8 = 2. Sehingga Kecepatan perkiraan beban waktu menggunakan modem diperkirakan dari 2.13s dapat dibulatkan menjadi 2, Artinya minimal kecepatan rata-rata 2.13s dari besar ukuran file 101.99 pada saat mengakses data adalah benar.

Maka dapat disimpulkan berat loading halaman blog ini dengan kecepatan internet modem yang saya gunakan cukup cepat dan atau masih bisa dapat dijangkau, dengan koneksi internet yang pas-pasan saja yaitu 16 KBps. t Bagaimana menurut pendapat anda? 

Untuk kecepatan loading halaman blog yang didapatkan dari hasil uji coba pada beberapa tools yang telah kita ketahui diatas, itu adalah angka minimal dan belum tentu seperti yang diharapkan, karena pada website yang menyediakan tools tersebut hanya menunjukkan data yang sebenar-benarnya pada jangakauan koneksi internet yang stabil, belum tentu sama untuk setiap daerah/wilayah yang masih susah mendapatkan jaringan internet.

Dengan cara diatas saya pikir anda bisa mencobanya sendiri dan bisa membandingkan berat halaman blog dengan koneksi internet yang anda gunakan dengan koneksi internet pengguna lainnya. Apabila anda menggunakan koneksi internet yang super kencang ketika di lakukan uji coba pada Website Speed Test mungkin itu wajar saja, tetapi anda tidak pernah mengatahui koneksi internet yang dipakai oleh pengguna lain.

Dan sehingga apabila kita ingin memberikan suatu informasi berupa seputar tips dan trik atau lain sebagainya agar diketahui bersama, maka jangan pernah merasa website atau blog hanya untuk di baca sendiri, jika tujuannya untuk umum. Bukankah begitu?

Coba saja anda bandingkan website-website besar dengan tampilan halaman biasa saja, bisa mendapatkan visitor atau pengunjung puluhan ribu perharinya. Itu karena mereka bukan mementingkan animasi yang berlebihan sebagai tolak ukur untuk mendatangkan pengujung dan konten adalah hal yang paling utama.

Demikian saya pikir cukup sampai disini dulu. Semoga artikel yang pernah anda dapatkan pada blog ini dapat bermanfaat.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Membandingkan Loading Halaman Blog Dengan Mengukur Kecepatan Internet diposting oleh Kraeng Francisco pada January 22, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

16 comments:

  1. iya benar...hingga saat ini saya berusaha mengurangi beban loading blog-ku, semoga kelak bisa lebih ringan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sobat...dan untuk usahanya dengan mengurangi beban loading blog, semoga mendapatkan hasil yang baik. Terima kasih

      Delete
  2. punya saya juga mulai agak berat blognya. mungkin kebanyakan code javascript. mungkin perlu di compres kode html atau css nya.

    oiya mas. kalau buat kompres gambar melalui jasa online, yang bagus apa ya mas? maaf nanyaknya aneh..hehehe

    terimakasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh,ia sob, jika demikian setidaknya perlu melakukan beberapa hal yang dimaksudkan sobat dan juga yang berkaitan pada pombahasan diatas, sehingga loading halaman blog tidak terlalu lama.

      untuk menanggapi pertanyaan sobat, sebenarnya saya menggunakan cara manual pada judul Mengoptimalkan Gambar Untuk Web Menggunakan Adobe Photoshop. namun karena saya pikir pertanyaan tersebut termasuk sebuah masukkan juga, jadi mungkin akan saya terbitkan pada artikel berikutnya.

      Terima kasih.

      Delete
  3. visitor blog ini sangat baik sob aku masih jauh dibawahnya....hehe,jadi malu.
    o ya sob saya pake modem 7.2Mbps itu bagus gak sob,soalnya modem ini saya kurang paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih seperti biasanya sob kadang perharinya visitor bertambah kadang juga menurun....namun atas segala usaha yang telah dilakukan pada blog ini sudah sangat cukup bagi saya, karena jumlah postingan dan kata kunci yang sesuai target yang dibutuhkan mungkin masih kurang. sehingga sekarang saya lebih fokus untuk membuat posting artikel lebih banyak lagi.

      oh,iya untuk jenis modem baik GSM dan CDMA semuanya punya kekurangan dan kelebihan tentunya. lalu kecepatan upload dan download pada modem 7.2Mbps itu adalah angka maksimal, tetapi jika kita bandingkan dengan penggunaan dari semua provider pasti berbeda, dimana kecepatan upload dan download yang dihasilkan saat kita menggunakan modem tersebut, angka yang kita proleh pada modem pastinya beda.

      lebih jelasnya seperti ini sob, misalnya kecepatan download dan upload dari paket internet yang saya gunakan maksimal 7.2 Mbps, sementara kecepatan maksimal pada modem 3.6Mbps otomatis walaupun speed yang diberikan provider lebih tinggi, tidak bisa melebihi kemampuan speed pada modem. Sebaliknya jika speed yang diberikan oleh provider dalam arti cukup dan speed pada modem lebih tinggi, maka koneksi internetpun akan bekerja normal, sesuai speed yang telah ditentukan oleh provider.

      Intinya semua jenis modem bagus sob dan sekarang tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Modem yang saya pakai sekarang, harganya terjangkau sob dan kualitasnya kalau mau dibilang sangat buruk heheh...tetapi masih tetap bersyukur dan modem inipun sudah sangat berjasa bagi saya.

      Salam....

      Delete
  4. Klo loading blog dibawah 100 KB, itu sdh dikatakan ringan ya sob? Klo blogku gimana sob? Berat apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti pada penjelasan diatas sob, dibawah 100 kB, loading blog sangat enteng sob dan terbukti sebelum saya melakukan perombakan terhadap desain blog ini awalnya, namun karena atas berbagai kebutuhan sayapun harus melengkapi kebutuhan tersebut dengan memasang beberapa widget pada blog ini, itupun sudah saya ukur kemampuan menggunakan modem dengan kecepatan 16 KBps hasilnya cukup memuaskan.

      Dicoba saja sob, dari beberapa link yang telah saya berikan diatas. Tadi saya coba, lamayan berat sob.

      Delete
  5. Masukan yang baik buat kami teman, agar mencoba memperingan blog Kami. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sobat, semoga bisa dijadikan referensi yang baik dan patut di terapkan pada semua blog. Terima kasih.

      Delete
  6. terima kasih atas kunjungannya di blog saya
    jangan lupa untuk visit back dan beri komentar

    ReplyDelete
  7. Bagus sekali artikel ini sob, bisa di jadikan referensi bagi semua pengguna blog terutama saya yang masih awam dalam dunia blogging.
    Oia sob....kalau menurut sobat bagaimana dengan loading blog saya...???
    terima kasih sob sebelumnya.

    Salam Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob, saya berharap demikian, karena mungkin dengan trik ini kita bisa mempertimbangkan segala hal sebelum mengutak atik template blog.

      Blog sobat sangat enteng dan loadingnyapun tidak begitu lama dan setelah saya mengecek pada link vendor, ukuran HTML 96.99, artinya Normal.

      Delete
  8. setelah saya cek blog saya seratus lebih.. mohon di cek blog saya gan menurut agan blog saya termasuk berat atau tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak kurang dan tidak lebih sob, pas.....hasil dari pengujian cukup ketika membuka menggunakan modem dengan kecepatan 16 KBps....namun jika diperhatikan pada template yang sobat kelola yang sedikit memberatkan loading halamn ketika dibuka adalah banyak terdapat kode script. kalau boleh saran saya dikurangi saja.

      Delete