February 13, 2013


Atas berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh admin blog, ketika kita berkunjung dan ingin memberikan komentar ada tertulis bahwa komentar baru tidak diijinkan. Sepertinya halnya yang telah saya lakukan pada beberapa posting diblog ini dan mungkin anda yang sering mampir ke blog ini menemukan kotak komentar pada beberapa posting tertentu sengaja ditutup atau tidak diijinkan.

Dan atas pertimbangan inilah yang perlu anda ketahui kenapa kotak komentar blog ditutup ? karena berbagai hal dengan alasan bahwa pada beberapa postingan sudah tidak perlu berbagai pertanyaan, saran, masukkan dan lain sebagainya dan kaitannya dengan alasan tersebut bahwa judul postingan sudah tidak up to date seluruh isi dan perlu diperbarui kembali. Agar lebih jelas silahkan buka judul posting dibawah ini :


Perbedaan dari kedua judul diatas sudah sangat berbeda nyata selain judul, dimana artikel pertama masih membahas tentang cara lama dan artikel kedua dibahas sesuai update terbaru pada mesin pencari. Dimana yang kita ketahui algoritma google lebih bersahabat dengan judul posting yang selalu diupdate dan disesuaikan target kata kunci yang di cari.

Walaupun demikian bila ingin agar postingan tersebut tetap terupdate anda bisa mencari solusi lain yaitu dengan menambahkan kekurangan dan memperbaiki kembali isi posting lama dengan yang baru. Tetapi cara yang paling aman jika artikel kita sudah terindeks dan selalu masuk urutan 10 besar pada SERP, sebaiknya dipertahankan isi yang lama dan buat kembali yang baru.

Selanjutnya apabila saudara ingin menutup kotak komentar di blog, sebaiknya dipikirkan terlebih dulu alasan yang tepat, karena selain alasan diatas masih banyak pula alasan lain dan sudah pasti setiap pengguna blog mempunyai pendapat yang berbeda pula. Misalnya anda menutup kotak komentar karena anda merasa semua komentar yang ada sudah cukup mewakili isi posting dalam hal tanya jawab, yang telah dilengkapi pada kotak komentar, sehingga membuat pengunjung anda tidak susah dalam mencari jawaban yang dibutuhkan.

Berikut bagamana cara menutup kotak komentar di blog? silahkan selesaikan langkah-langkah dibawah secara berurutan.

1. Pastikan anda telah login terlebih dulu.
2. Kemudian buka menu Pos.
3. Lalu cari daftar judul posting yang akan ditutup kotak komentarnya.
4. Setelah menemukan klik Edit.
5. Selanjutnya bila layar entri posting telah terbuka, perhatikan gambar dibawah ini :



Keterangan :

• Pilih pengaturan dan klik menu pilihan yang berada samping kanan layar enrti ( 1 ).
• Beri tanda ceklis atau centang pada pilihan yang ke 2Jangan bolehkan, tunjukkan yang ada “, artinya komentar pengunjung lama masih bisa ditampilkan, namun komentar baru tidak diijinkan ( 2 ).
• Jika memilih pilihan “ Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada “. Artinya semua komentar lama disembunyikan. Tetapi disini yang saya sampaikan tetap memilih pilihan yang kedua. Tergantung anda apabila ingin menyembunyikan semua komentar.
• Klik tombol Selesai ( 3 ).

6. Apabila anda ingin menyampaikan pesan pemberitahuan pada pengunjung bahwa komentar baru tidak diijinkan, silahkan tambahkan sendiri keterangan pada entri.
7. Klik tombol publikasikan dan lihat hasilnya yang telah anda rubah tadi.

Demikian cukup sampai disini dulu, semoga posting yang saya terbitkan ini dapat diambil guna dan manfaatnya.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Kenapa Kotak Komentar Blog Ditutup dan Bagaimana Caranya? diposting oleh Kraeng Francisco pada February 13, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

30 comments:

  1. artikelnya sangat bagus mas,bisa belajar dari sini saya ya.
    thanks ya mas,salam kenal kembali.
    link blog anda saya pasang diblog saya,tapi untuk follow blog anda kok ga ada sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan jika berkeinginan untuk belajar lebih banyak lagi....oh,ia sebelumnya terima kasih sudah pasang link saya. Untuk follow blog ini, lihat disamping kanan sidebar dalam daftar Like, Follow & Review, sudah terdapat tombol follow, sengaja diminimize karena sebelumnya mempengaruhi loading jalaman blog.

      Salam....

      Delete
  2. selamat Pagi sobat Kraeng Fransisco...iya sob terkadang saya mengunjungi sebuah postingan dalam blog, Pas mau komentar eh ternyata tidak bisa karena Admin sudah menutupnya...setelah membaca Postingannya sobat Kraeng Fransisco saya jadi paham mengenai bagaimana cara menutup kotak komentar pada postingan tertentu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, semua posting yang saya berikan disini masih dasar menurut yang sata ketahui.

      Salam....

      Delete
  3. Hmmm. berarti kita harus Edit artikel yah sob ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, benar artikel yang diedit dalam arti kita menambahkan kekurangan dari yang ada bila kotak komentar tidak ingin ditutup, namun jika sobat ingin menutup kotak komentar, sebaiknya sampaikan kepada pengunjung dengan menambahkan informasi agar yang membaca tidak merasa kecewa dengan posting lama yang sudah tidak bisa digunakan kembali seperti pada contoh judul diatas.

      Delete
  4. Tips yang bermanfaat. Langkah-langkah nya sangat rinci dan bisa di fahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demikianlah yang diharapkan seperti itu sob...

      Terima kasih.

      Delete
  5. wah saya kira terjadi error, ternyata ditutup toh ... hehehe :D makasih infonya mas

    ReplyDelete
  6. Emank ada salah 1 artikel yg khusus ndak boleh dikomeni. Tp kan ndak bisa ramai yah? kasihan yg berkunjung :)

    ReplyDelete
  7. trmksih mas infonya sangat bermanfaat sekali mas.
    ane dulu pernah mas kyk gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sobat, dan terima kasih untuk tanggapannya. Ternyata sobat pernah menerapkan trik tersebut. Bagus sob....

      Delete
  8. itu kalau di edit trus di publis nanti tanggal artikelnya berubah gak sob?
    apa perlu mengedit tanggal penayangan juga biar gak berubah?

    soalnya saya perna ngedit seperti itu, trus penayanganya berubah menjadi artikel baru di homepage.
    terima kasih info dan tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri menggunakan tanggal publis secara manual dan bukan otomatis, jadi pada homepage tidak terjadi perubahan...maka saat merubah pengaturan diatas tidak perlu melakukan pengeditan tanggal lagi. Bisa jadi karena tanggal publikasinya kita guanakan otomatis, kurang dan lebinya seperti itu sob...

      Salam...

      Delete
  9. Wah thx infonya ya sob...
    Komentar biasanya saya tutup kalo artikelnya SEO Contest
    Tujuannya sih biar SPammer ngga pada masuk
    apalagi blog saya menganut sistem dofollow
    Thx 4 infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sob, itu yang diperlukan namun saya selalu melihat posting lama saja jika ingin menutupnya, karena kalau posting lama sudah tidak dapat kita gunakan dan yang dimaksud seperti tutorial tidak membuat pengunjung kecewa membacanya.

      Delete
  10. terima lasih mas KF...buat tutor yg bermanfaat bgt...sesekali pengen nyoba juga nih..jadinya :)

    0h ya mas..bila ada komentar masuk dg menyisipkan link hidup...baik nya kita hapus atau kita masukin spam mas...

    soale byk spamer lagi ganjen nih..di blog sy...trims ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pendapat saya, sebaiknya komentar dimoderasi agar bisa mengkoleksi komentar yang menurut kita itu komentar SPAM, dan jika komentar tidak menggunakan moderasi tidak salahnya kalau menurut mas Budi ingin dihapus. Tetapi bisanya mesin sudah mendeteksi secara otomatis komentar2 tersebut, sehingga sekali-kali kita sendiri perlu mengeceknya. kalau lansung dimasukkan ke kotak SPAM

      lebih baiknya hapus mas sebagai peringatan pertama, karena saya pikir akibatnya akan buruk bagi pemberi yang meninggalkan komentar apabila lansung dimasukkan ke Filter SPAM. sehingga ketika yang memberi komentar kembali dan mengeceknya, dia akan tahu bahwa ADMIN tidak menyukai cara tersebut.

      Semoga dapat membantu.

      Delete
  11. apa juga harus pasang CSS..buat cegah link hidup masuk ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas cara Ini lebih bagus, kerena beberapa kali saya amati ketika berkunjung ke blog mas budi tidak menggunakan moderasi pada kotak komentar blog. Tetapi cara yang paling aman menggunakan moderasi seperti pada jawaban diatas.

      jika kita melarang pemberi komentar yang menyisipkan link hidup, berarti sama halnya kita melarang pengunjung untuk berkomentar pula. maka selanjuntya pengunjung yang sama ataupun yang baru tidak pernah akan berkunjung kembali kalau mereka merasa tidak nyaman dan efeknya visitor blog kitapun akan berkurang.

      Sekian dan terima kasih.

      Delete
  12. baca blog ini dengan berbagai komentarnya membuat wawasanku ttg blog semakin nambah aja.. walaupun ttp ga pinter-pinter.. hehehe

    ReplyDelete
  13. mudah dimengerti sih . tapi punyaku kenapa ya kok artikel yang baru kolom komentarnya tidak muncul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya yang sobat gunakan kotak komentar facebook? lalu kalau masalah kotak komentar tidak muncul, mungkin sobat pernah merubahnya....

      Delete
    2. Tambahan, masuk ke menu setelan > Komentar >Lokasi Komentar ? > pilih tersemat, apabila disitu keterangannya disembunyikan.

      Semoga membantu.

      Delete
  14. Ternyata simpel aja ya Mas, baru tau juga sih........penting bagi saya untuk menutup sebagian LAMAN di blog saya, makasih Mas artikelnya. Salam kenal

    ReplyDelete
  15. thx gan sangat membantu sekali salam kenal http://idegemilang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  16. Wah sipp Gan......
    Salam Kenal ya...

    ReplyDelete