February 1, 2013

Sering kali saya mendapatkan komentar berupa pertanyaan seperti ini, kenapa link in pada widget alexa no data?. Awalnya saya juga sering bertanya dalam hati seperti pertanyaan serupa ketika pertama kali memasang widget alexa di blog dan setelah mendaftarkan blog di alexa.com. Hal ini sangat dimaklumi apabila munculnya pertanyaan tersebut, jika kita baru mengenal dunia blogging, sehingga tidak salah ada yang bertanya demikian.

Dan begitupun Rank Alexa, bilangan yang terdapat menunjukkan angka “0”, hmm…sudah pasti kita bingung dan salah satu cara untuk mengetahui bilangan tersebut adalah dengan mencari informasi yang pernah dibahas pada website/blog yang telah mendahului kita atau mereka yang tahu dalam hal ini agar kita bisa sedikit Memahami Link In Pada Widget Alexa Terbaru.

Dari hasil kunjungan ke beberapa website / blog yang sudah cukup lama dan setelah saya sedikit memahami tentang angka yang terdapat pada widget alexa, sayapun memberanikan diri untuk menjelaskan secara singkat tentang bilangan yang terdapat pada Link In Alexa itu sendiri, kira-kira dari mana adanya jumlah angka tersebut muncul. Ok, perlu santai sejenak dan jangan terburu-buru, karena saya ingin meninggalkan sementara waktu untuk menikmati segelas Coffee dan anda silahkan lanjut membaca.

Jadi bagaimana agar jumlah angka link in yang terdapat pada widget alexa ada nilainya? ini dia yang sebenarnya :

2. Selanjutnya daftarkan blog anda di Alexa.com baca pada judul Cara Mendaftarkan Akun Di Alexa.
3. Setelah mendaftarkan akun kemudian verifikasi blog, baca judul Cara Verifikasi Blog Di Alexa.Com Serta Cara Memasang Widged Alexa Rank Di Blog.
4. Semua point diatas sudah lengkap, perlu juga anda pasang Alexa Toolbar, baca judul Cara Menginstal Alexa Toolbar Di Web Browser.

Pada beberapa judul yang telah saya terbitkan diatas sebenarnya jika anda membaca dengan teliti, ada sebagian kalimat didalam pembahasan kurang lebih singkatnya menjelaskan tentang jumlah angka yang diberikan oleh Alexa.com terhadap sebuah website/blog, tetapi disini akan saya uraikan lebih terperinci agar anda dapat mengetahui lebih jelas.

Kemudian jumlah angka link in yang terdapat pada widget alexa.com dari mana munculnya? baca dengan baik-baik penjelasan singkat dibawah ini :

1. Penentu utama adalah umur blog anda, perlu kita ketahui Link In yang diberikan oleh Alexa.com diupdate beberapa bulan sekali, contohnya pada blog ini pengalaman pertama saya minimal blog berumur 2 s/d 3 bulan, baru munculnya link in pada widget alexa. Namun akhir-akhir ini, bilangan yang terdapat pada widget Alexa, kadang 3 minggu atau 1 bulan sekali diupdate, tetapi tidak pasti jadwal yang diupdate, karena jika saya amati sering berubah-ubah. Sehingga jika anda lihat pada gambar diatas umur blog ini baru berapa bulan lamanya ( dari bulan mei 2012 sejak blog ini aktif - sampai pada 01 February 2013, berjumlah 321 “selama 10 bulan”), itupun jika dihutung belum mencapai 10 bulan karena awalnya yang jelas saya belum mendaftarkan blog di alexa.com.

2. Angka yang terdapat pada gambar diatas, didapat dari berapa banyak link pada setiap website yang mengarah pada blog ini atau setiap link yang didapat dari setiap domain. Berapun link dari setiap domain yang terdapat pada blog ini tetap dihitung 1 link, walupun terdapat banyak link yang terpasang atau mengarah pada blog ini. Contoh link milik google seperti Youtube, Google Maps dan lain sebagainya saya sisipkan pada setiap artikel atau ketika membuat artikel, maka link yang mengarah pada setiap artikel itulah yang dihitung oleh alexa.com dan sehingga muncullah link in pada widget alexa tersebut.

3. Bisa seperti ini saya menyebarkan link pada setiap website saat meninggalkan komentar pada setiap website/blog yang pernah saya kunjungi, dengan cara memberikan komentar sebagai Nama blog Kraeng Francisco dan atau menyisipkan URL tujuan yang mengarah pada blog ini. Pada intinya dalam istilah secara sederhana menurut bahasa saya, bahasa Flores Nusa Tenggara Timur hehe, kita menanam backlink pada blog lain, istilah dalam dunia blogging sering disebut dengan Sites Linking.

Dari tiga point penjelasan singkat diatas saya pikir sudah cukup anda paham, kalaupun masih kurang anda bisa mencari referensi di blog tetangga yang membahas tentang hal tersebut dan saya pikir tidak jauh berbeda, atau mungkin ada yang lebih tahu dari kekurangan ini, silahkan tambahkan melalui kotak komentar.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Memahami Link In Pada Widget Alexa Terbaru diposting oleh Kraeng Francisco pada February 1, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

18 comments:

  1. Informasinya sangat bermanfaat sekali kang, terus terang saja kang, walaupun saya ngeblog cukup lama dan sudah masuk 1 tahun saya belum tahu tentang alexa, karena selama saya blogwalking jarang memahami, membaca atau ingin tahu,... ngeblog saya hanya hoby coba^ saja,.. tapi sepertinya ini mungkin perlu dipahami agar lebih paham ya kang..hehe..
    informasi yg bagus dan bermanfaat
    Terima kasih banyak kang, salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sudah lama juga saya ingin terbitkan artikel ini, namun kadang saya selalu meragukan apabila semua yang saya bahas tidak dipraktekkan terlebih dulu. Tetapi setelah saya cari tahu dan melakukan percobaan ternyata dari 3 point diatas benar.


      Terima kasih juga Kang atas tanggapan dan komentar atas artikel ini.
      Semoga kedepannya artikel ini bisa dijadikan sebuah referensi yang baik bagi semua yang membutuhkannya.

      Salam....

      Delete
  2. Sangat bermanfaat!!! Teruslah berbagi dan jangan lupa mampir.

    ReplyDelete
  3. Pagi Sobat Kraeng Fransisco...beberapa hari yang lalu saya juga sempat berfikir seperti yang sobat bahas di atas. Yaa,,,kadang saya bertanya Links in yang tertulis dalam widget Alexa ini datangnya dari mana sich,,,setelah membaca uraian di atas saja jadi sudah memahami Link In Pada Widget Alexa Terbaru dan tahu asal muasal Angka yang tertera dalam widget Alex.com....Makasih sob atas sharenya...salam hangat dari Sulawesi Selatan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, memang benar dari dulu saya sering penasaran dengan yang satu ini, entah bagaimana mesin memberikan angka yang terdapat di widget alexa tersebut....namun setelah dipahami dengan baik, sayapun jadi sedikit tahu.

      Sama2 sob...salam

      Delete
  4. Berhubung blog sy masih baru, jadi blum memilik link in.
    tapi setidaknya udah bisa dipaham dan bisa untuk mencari link in hehe

    trims sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, silahkan menerapkan cara diatas, agar blog yang sobat kelola bisa cepat mendapatkan Link In.

      Terima kasih....

      Delete
  5. ini dia yg saya cari,,meskipun punya sy bertambah,yg tadinya 0 sekarang 26,tp sebenarnya sy tidak paham dg link in alexa,,dg membaca artikel ini sy jd tmbh ilmu,,mksh sob dh mau share...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia sob, semoga terbantu dengn artikel yang telah diterbitkan ini....

      Salam..

      Delete
  6. kalau saya ambil updatenya yg di toolbar nya mas... :)
    dan baru tau juga kmrn ngalamin..link in juga bisa berkurang ya mas..ternyata :)

    ReplyDelete
  7. nah ini gy saya cari,kok pas banget uah. begitu sy butuh info ttg alexa, ehh ada artikel yg menyajikan ttg alexa. Mksh byk ya mas...heheh . oh iya link udah sy pasang, sekali lg mksh. :)

    ReplyDelete
  8. mantab info nya.. tolong dong kasi blog saya lins in please ya nanti aku pasang link blog ini

    ReplyDelete
  9. jumlah Link in Alexa itu adalah jumlah link yang mengarah ke blog kita sob.. kalo kpengen jumlahnya tambah byk, lakukanlah tukar link dgn teman2 blog yg lain, kalo bs tukar linknya dipasang di halaman homepage. gitu sob setahu aku...
    :D
    thanks ya udh berbagi
    salam

    ReplyDelete
  10. alexaku selalu melorot walau link dah banyak...eee ternyata aku kurang getol dalam posting.... hehe...makasih tipsnya bang

    ReplyDelete
  11. Wah topik 'links in' nya diulas lengkap disini! Berguna nih bagi yang ingin memperbanyak 'links in'. Dari pengalaman saya, sederhana nya asal rajin berkomentar dan bertukar link dengan blogger lain, alhasil nantinya 'links in' akan bertambah banyak juga dengan sendirinya. :)

    ReplyDelete
  12. Saya baru tau apa itu alexa rank, saya coba pasang dan semoga linknya bisa banyak seperti punya agan...hehe Thanks gan Infonya

    ReplyDelete