March 10, 2013


Mengirim entri blog ke email merupakan salah satu solusi mengamankan data di blog, seperti pada artikel terdahulu yang telah dijelaskan disini. Dimana setiap kali kita membuat artikel baru dan selesai publikasi, maka data blog kita akan dikirim lansung ke email tujuan yang kita masukkan melalui menu setelan blogger kemudian nanti. Email tujuan dapat kita masukkan lebih dari 1 (satu), artinya kita bisa menggunakan email dari gmail dan yahoo dan ataupun lainnya.

Cara membuatnya sangatlah mudah, namun jika saudara hanya memiliki satu email saja buatkan terlebih dulu disini dan disini. Kemudian setelah selesai membuat, bagi pengguna akun google sebaiknya baca judul artikel sebelumnya untuk mengamankan akun google anda. Untuk pengguna akun lainnya tidak saya sediakan pada blog ini karena belum pernah saya coba.

Apabila anda bertanya, kenapa harus menyiapkan email lebih dari 1 (satu)? tujuannya tidaklah lain yaitu untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan seperti akun kita di hack, kita masih memiliki email atau akun lain. Selain itu juga antara email yang kita gunakan untuk akun blogger agar tidak digabungkan menjadi satu dari semua pemberitahuan masuk dan email lainnya dikhususkan agar lebih mudah terkontrol.

Berikut bagaimana cara mengirim entri blog ke email? silahkan saudara ikuti uraian singkat dibawah secara berurutan :

1. Pastikan saudara sudah login ke blogger.
2. Buka menu Setelan > kemudian pilih Selulur dan Email > Email > Email entri ke ? . Perhatikan gambar untuk memperjelasnya.


3. Ketik email pada kotak, contoh email@gmail.com, email@yahoo.com.
4. Arahkan kursor keatas, lalu klik Simpan Setelan.
5. Selesai.

Perlu diketahui, semua entri lama tidak akan dikirim ke email tujuan yang telah dimasukkan tadi, kecuali anda memperbarui kembali dengan publikasi ulang. Berbeda dengan entri baru, setelah anda menerapkan trik diatas, maka setiap kali dipublikasi, setiap entri baru akan dikirim ke email tujuan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kemudian pada kotak masuk gmail, secara default gambar tidak ditampilkan, untuk selalu menampilkannya, klik Tampilkan selalu gambar dari no-reply@blogger.com, seperti contoh gambar berikut.


Kotak masuk email di hayoo tidak perlu, dan setelah melakukan trik tersebut, maka hasilnya akan nampak, pada contoh gambar berikut yang dikirim pada tanggal 9 Maret 2013 01.27, setelah selesai publikasi.


Dengan demikian jika semua langkah diatas sudah anda terapkan, maka simpan data anda dengan aman dan jangan sampai terhapus, karena setiap jerih payah anda semuanya ada pada kotak masuk email tersebut.

Selamat mencoba.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Cara Mengirim Entri Blog Ke Email diposting oleh Kraeng Francisco pada March 10, 2013. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

5 comments:

  1. selamat pagi sobat Kraeng Fransisco...sepertinya ada option baru nich untuk mengamankan isi postingan pada blog sob...postingan saya sudah hampir 500 sob jadi harus antisipasi dengan membuat data backup baik itu dengan membackup postingan di blogspot maupun dengan cara yang dibahas di atas....btw, maaf yaa kemarin malam sob chat di google plusnya terganggu karena saya harus melayani tetangga saya yang mau beli Pulsa..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ini sudah lama saya ketahui dan baru sempat membuatnya sob....Silahkan sob apabila ingin menerapkan cara diatas.

      Terima kasih.

      Delete
  2. wah ilmu baru nich sob ..kayaknya harus langsung praktek ....thanks sudah berbagi info

    ReplyDelete