December 23, 2012


Ketika anda pertama membuat blog pasti anda menemukan berbagai pilihan template yang telah disediakan melalui menu perancang template yang begitu menarik menurut saya untuk digunakan oleh para pengguna blogger. Template standar yang disediakan dari blogger adalah template pilihan saya saat ini seperti yang anda lihat. Saya lebih memilih template standar yang disediakan oleh blogger dan tentu sudah pasti saya punya alasan tersendiri. mengapa? silahkan membaca lebih lanjut.

Ada beberapa pengunjung yang mengatakan bahwa mereka suka dengan tampilan halaman blog ini dan menurut mereka tampilan dari blog ini sangat begitu simple dan juga cantik. Namun kadang saya sendiri merasa kurang begitu puas dan ingin merombak beberapa desain halaman didalamnya. Apabila anda sering berkunjung ke blog ini tentu anda melihat bahwa saya sendiri sering merubah penempatan widget, warna background dan lain sebagainya, alasan yang tepat karena saya belum menemukan pilihan yang cocok untuk desain halaman blog yang saya kelola saat ini.

Dalam mengelola desain halaman blog ini saya mengakui banyak kekurangan, karena saya belum begitu mahir dalam menulis atau menggunakan bahasa programan, akhirnya sedikit demi sedikit yang saya pelajari sampai saat ini dari campur tangan oleh pihak lain, hasil yang saya dapat cukup memuaskan. Maka sebelumnya saya tidak lupa ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam hal ini, sehingga halaman blog yang saya kelola mulai dari tata letak dan lain sebagainya dilihat rapi. Panjang cerita jadi kita kembali ke topic pembahasan.

Blogger Perancang Template merupakan cara baru bagi anda menyesuaikan tampilan blog dan ketika anda memilih template pada menu perancang anda dapat menyesuaikan latar belakang, lebar, tata letak serta tingkat lanjut sesuai yang diinginkan dengan begitu mudah tanpa perlu anda mengusai bahasa programan anda dapat melakukannya sendiri. Hal ini sangat begitu menarik bagi mereka yang baru terjun di dunia blogger, walaupun pada dasarnya setelah memiliki blog sendiri kita perlu banyak belajar untuk menyesuikan tampilan halaman agar lebih terkesan dimata pengunjung blog. Berikut alasan mengapa saya lebih memilih menggunakan Blogger Template Standar?

1. Blogger telah merancang dan menambah beberapa template baru sehingga kita bebas memilih dalam perancang template.

2. Blogger sudah menyediakan background/latar belakang yang dapat kita gunakan sesuai selera.

3. Membuat tata letak pada bagian footer menjadi 3 kolom, sidebar kanan 2 bagian terpisah dan bisa menggunakan sidebar di kiri dan kanan sesuka hati. 

4. Template tentu telah mendukung tampilan untuk semua browser, contoh yang sering orang gunakan Mozilla, Chrome dan Internet Explorer. 

5. Dapat lansung menambahkan kode CSS (Cascading Style Sheets), pada Perancang template > Tingkat Lanjut > Tambahkan CSS. 

6. Mudah untuk menentukan setiap warna, jenis huruf dan lain-lain. 

7. Sudah terdapat pritinjau sehingga setiap kali ada perubahan dapat dilihat lansung pada editor perancang template. 

Itulah beberapa alasan mengapa saya lebih memilih template standar yang disediakan oleh blogger. Namun dalam memilih template kadang orang lebih banyak menggunakan kustom template atau template yang disediakan untuk di unduh secara gratis dari pihak ketiga. Alasan mereka memilih kustom template karena mereka melihat bahwa template lebih memiliki desain yang menarik dan atau lebih profesional. 

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya template standar yang disediakan oleh blogger juga memiliki desain yang tidak kalah menariknya dibandingkan kustom template. Saya yakin walaupun anda adalah seorang blogger pemula tetapi anda mampu mendesain template standar sehingga memiliki tampilan yang bagus. Untuk itu silahkan anda tentukan pilihan anda sebelum memilih sebuah template.

Demikian penjelasan singkat saya cukup sampai disini dulu. Semoga ilmu yang anda dapatkan hari ini dapat menjadi panduan dasar yang bermanfaat di hari selanjutnya. Perlu juga anda baca, 1. Blogging-Mengapa Blog Atau Website Harus Lebih Seo?, 2. Cara Membuat Template Standar Blogger SEO Friendly , 3. Pernahkah Anda Berpikir Untuk Memilih Warna Blog Atau Website Anda?, 4. Beberapa Tips Pencarian Dasar Search Engine Optimization Untuk Blogger.

Sekian dan Terima Kasih.
Salam…

Posted by : Kraeng Francisco | Tuturial Blog | Tips and Trik Komputer | Tips and Trik Internet | SEO

Artikel Gunakan Blogger Template Standar Lebih Mudah Dalam Perancang Template diposting oleh Kraeng Francisco pada December 23, 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, dan atau mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini atau letekkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima Kasih. Salam...


Artikel Terkait

29 comments:

  1. bener banget brow,kadang temple bisa bikin galau. btw sorry lama gk bisa berkunjung kesini heheh lg sibuk nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mungkin juga sob, oh,ia tidak apa2 sob dan biasa didunia blogger. selesaikan dulu yang nyata baru dunia maya hehe. Terima kasih...

      Delete
  2. setuju sob,template bawaan blogger sebetulnya bagus dan kita tinggal memodivikasi untuk memercantik lagi.loadingnya juga ringan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, sehingga artikel inipun saya terbitkan sebagai panduan bagi pengguna bloggger dalam menentukan sebelum memilih sebuah template.

      Delete
  3. mlm sobat betul banget kata sobat mudah di edit heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sob, tanpa harus mengusai bahasa programan kita lansung bisa merubah semuanya melalui editor perancang template...

      Delete
  4. Replies
    1. Sama-sama sob dan terima kasih kembali telah berkunjung dan berkenan memberikan komentar...

      Delete
  5. Gan aku follow blognya,follback blogku ya...
    edukatif.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah follow blog ini, blog sobat sudah saya folback...

      Salam..

      Delete
  6. halo bro pa kabar?
    wah saya kira templatenya premium blogger template:)
    ternyata template standard dari blogger, keren!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik sob...hehe bukan sob dan semenjak pertama membuat blog saya tidak pernah gonta-ganti template.

      Delete
  7. Semua blogger punya pilihannya masing2 untuk memilih template mana yg akan dia gunakan untuk blognya. Makasing sob sdh share informasi ini. Salam kenal ya... aku sdh follow blognya tuh.. (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob, artikel ini saya terbitkan sebagai gambaran bahwa sebelum memilih sebuah template tentunya kita harus mempertimbangkan segala hal dalam penggunaan template, sehingga setelah menentukan mana yang baik menurut kita, kita dapat menentukan sebuah template yang cocok untuk digunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan.

      Terima kasih sudah follow dan memberikan tanggapan atas artikel ini.

      Salam...

      Delete
    2. Sama-sama sob. O iya sedikit share pengalaman nih. Dulu waktu awal2nya saya ngeblog, saya juga pernah pake template bawaan blogger. Pernah tu hari saya baca artikel salah satu blogger master yg membahas tentang hubungan Validasi kode template blog dengan optimasi SEO blog. Disela-sela pembahasannya, dia menjelaskan cara2 mengetahui kode2 error pada template blog. Saya coba itu hari dan hasilnya lumayan banyak kode errornya. Trus saya coba2 ganti template blog saya dengan template dari Zoomtemplate kemudian saya coba cek di w3C Validator, lalu saya bandingkan kode errornya ternyata yg lebih banyak errornya adalah template dari blogger. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan template itu dan sampai sekarang.

      Delete
    3. Oh,ia sob sy sangat berterima kasih atas sharingnya, saya juga sudah melakukan dengan mengecek sebelumnya seperti yang sobat maksudkan dan untuk sementara saya belum memperbaiki ada beberapa kode yang eror. maklum karna sering melakukan gonta ganti widget dan lain sebagainya diawal pertama membuat blog, sehingga terjadi banyak eror, dan salah satu disini contoh kode yang eror adalah background yang saya gunakan. hal tersebut dikarenakan tidak terjadi kecocokan warna dengan browser dari versi2 sebelumnya dan itu bisa saja terjadi.

      Skli lagi terima kasih sharingnya sob...

      Delete
    4. Kunjungn balik sob di postingan ini sambil memperhatikan apa yg telah terjadi di sini... :D Keyaknya ada yg berubah nih sob... Hmmm... Apa ya.... :D

      Delete
    5. masih standar sob....hehe warnanya yang saya rubah disebagian halaman dan juga perubahan tata letak widget....Terima kasih kunjungannya ya.

      Salam...

      Delete
    6. Oooo... begitu ya sob. Kok malah nyasar lagi di halaman ini ya... :D

      Delete
  8. keren bro, saya lebih baik modif sendiri bro, meski kadang agak agak kurang bagus. hehehe

    ReplyDelete
  9. Ternyata Agung talaga pun mampir di sini,hehe..
    Jadi termotifasi untuk merubah tampilan blog, kebetulan template saya sangat jelek.
    Terima kasih artikelnya sahabat..

    ReplyDelete
  10. emang kadang kalo pake template download-an ribet sob, tapi kalo pengen pake yg dari blogger males ngeditnya sob dan tampilanya tidak memuaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, tergantung pemahaman bgmn cara kita merancang sebuah template agar terlihat enak dipandang oleh pengunjung dan tentu harus mempunyai sebuah usaha agar mendapat hasil yg maksimal. Tetap semngat sob...hehe

      Delete
  11. bro follback blog saya > http://liong-seo.blogspot.com/ saya udh follow di blog sobat, dengan nama liong outsider, ditunggu follbacknya, awas klo ndak follback, hehehe dan

    dan saya udh Klik G+1 diatas, dengan nama Liong SEO sob, minta bantuan klik balik ya, tolong klik G+1 di artikel saya yang rajawebhost, G+1 ada di bawah artikel tunggu sampai muncul, minta tolong sangat bro, makasi, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok sob, sama-sama dan terima kasih sudah follow.

      Delete
  12. betul sekali mas...penggunaan template bawaan..bisa memberikan kepuasaan dan bisa berkreasi utak atik sesuai keinginan sendiri :)

    btw saya akuin template mas memang bagus loh... hehe :)
    bisa belajar nih saya sama mas kraeng hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, terima kasih sob atas segala pujiannya hehe...boleh2 sementara dalam proses belajar jadi akan saya terapkan semua disini apabila sy sudah yakin dengan apa yang bisa saya lakukan untuk diberikan ilmu kepada yang membutuhkannya.

      Terima kasih

      Delete